Post Thumbnail

10 Aplikasi Edit Foto di PC Untuk yang Suka Fotografi

Aplikasi edit foto sudah menjadi bagian penting dalam dunia fotografi. Bagaimana tidak? untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita memerlukan software untuk edit foto agar hasil jepretan foto menjadi semakin kece dan mempercantik feed instagram kamu.


Bukan hanya hasil jepretan saja yang dapat kamu edit, gambar seperti kartun, lukisan dan meme pun juga dapat kamu edit menjadi lebih keren.


Desainer Grafis Mengedit Foto dengan Aplikasi Terbaik

Sedangkan jika kamu jeli melihat peluang, desainer grafis saat ini menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan di era media sosial. Banyak sekali perusahaan digital yang membutuhkan desainer grafis degan gaji yang menggiurkan. Sedangkan jika kamu ingin menjadi fotografer, seminimal mungkin harus menguasai teknik editing dasar. Misalnya color grading atau color correction agar hasil foto jepretanmu semakin keren.


Meskipun punya talenta, karya digital yang keren tidak bisa kamu hasilkan tanpa mengasah skill dengan sungguh-sungguh. Selain itu kamu butuh aplikasi yang berkualitas dan berfitur lengkap yang dapat kamu gunakan sebagai senjatanya.


Khusus buat kamu yang ingin mencari aplikasi untuk edit foto, ini dia rekomendasi aplikasi edit foto yang berkualitas dan berfitur lengkap mulai dari yang terbaik, ringan, gratis sampai edit online.

Aplikasi Edit Foto Terbaik

01. Adobe Photoshop

Menempati urutan pertama, Adobe Photoshop telah dipakai jutaan desainer grafis dan fotografer profesional. Dari seri awal CS sampai sekarang seri CC, Adobe Photoshop terus berkembang dan sukses di pasaran.


Dengan fitur yang lengkap, tool yang memiliki banyak kegunaan membuat Adobe Photoshop jadi rekomendasi pertama jika ada seseorang yang menanyakan “untuk edit foto, paling bagus pakai aplikasi apa sih?


Tools yang paling populer pada Adobe Photoshop adalah untuk mengedit background foto. Tukang fotocopy mendominasi penggunaan tool ini untuk mengedit foto anak sekolah untuk keperluan ijazah.


Buat kamu yang tertarik dengan aplikasi berbayar ini, kamu dapat membelinya atau trial beberapa hari dengan mendownloadnya di https://www.adobe.com/products/photoshop/free-trial-download.html

02. Adobe Lightroom

Selain Adobe Photoshop, aplikasi edit foto untuk PC yang populer adalah Adobe Lightroom. Kedua aplikasi ini dirilis oleh perusahaan yang sama yaitu Adobe.


Bedanya, Adobe Lightroom memiliki tampilan yang lebih simple dan gampang dipelajari untuk pemula. Lebih fokus memberi filter atau mengatur color grading pada foto.


Dengan Adobe Lightroom, foto yang minim cahaya (remang-remang) langsung terlihat berseni dalam sekejap.


Buat kamu yang tertarik dengan aplikasi berbayar ini, kamu dapat membelinya atau trial beberapa hari dengan mendownloadnya di https://www.adobe.com/products/photoshop-lightroom.html.

03. Luminar

Aplikasi yang canggih dengan teknologi AI semakin memudahkan proses editing foto. Kamu bisa mengedit warna langit, nge-tune warna kulit, bahkan sampai menambahkan sinar matahari. Apalagi dengan kehadiran 45 filter yang menarik dapat kamu coba sesuai kebutuhan.


Namun, jika kamu ingin yang lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan fitur automatic correction untuk mempercantik gambar dengan cepat.


Buat kamu yang tertarik dengan aplikasi berbayar ini, kamu dapat membelinya atau trial beberapa hari dengan mendownloadnya di https://skylum.com/luminar-ai.

04. DxO Photolab

DxO Photolab lebih dikhususkan untuk kebutuhan RAW converter. Untuk urusan ini, aplikasi DxO Photolab adalah yang terbaik dan hasilnya sempurna meski penggunannya sedikit lebih rumit.


Mungkin dari namanya kurang banyak didengar. Namun jangan meragukannya, aplikasi editing ini dirancang oleh para fotografer. Oleh sebab itu, di dalam DxO Photolab tersedia berbagai tool yang mendukung fotografer untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.


Tertarik dengan aplikasi DxO Photolab? kamu dapat membelinya atau trial beberapa hari dengan mendownloadnya di https://www.dxo.com/dxo-photolab/.

Aplikasi Edit Foto Mudah dan Ringan

01. PhotoScape

PhotoScape gampang digunakan karena tampilannya begitu sederhana. Fitur-fitur yang tersedia super lengkap untuk editing dasar. PhotoScape cocok untuk kamu yang baru belajar edit foto.


Ke sektor fitur, PhotoScape memiliki fitur RAW converter, animasi GIF, memecah dan menggabungkan foto (seperti menambahkan gambar kartun ke foto yang ditempatkan di kepala).


PhotoScape juga memiliki fitur edit batch yang memungkinkan kamu untuk mengedit banyak foto dalam satu aksi, dengan fitur ini kamu bisa lebih hemat waktu.


Tertarik dengan aplikasi PhotoScape? kamu dapat mendownloadnya GRATIS di http://www.photoscape.org/ps/main/download.php.

02. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro dapat kamu gunakan sebagai alternatif dari aplikasi Adobe Photoshop. Tampilan yang sederhana membuat Photo Pos Pro menjadi aplikasi yang cocok untuk dioperasikan pemula yang baru terjun belajar edit foto.


Fitur yang dihadirkan begitu menarik tidak cuma edit foto saja, namun kamu dapat mendesain dari awal menggunakan tools yang ada di dalamnya. Fitur-fiturnya dapat dipakai untuk membersihkan foto, menghaluskan foto, memotong gambar, ganti background, bahkan mendukung file RAW dan masih banyak lagi. Dan yang terpenting, Photo Pos Pro ini dapat kamu miliki secara gratis.


Tertarik dengan aplikasi Photo Pos Pro? kamu dapat mendownloadnya GRATIS di https://www.photopos.com/PPP3_BS/Default.aspx.

Aplikasi Edit Foto Gratis

01. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

Salah satu aplikasi gratis yang kualitasnya di atas rata-rata karena GIMP ini terus berkembang dengan dukungan komunitas open source. Banyak fotografer dan desainer yang memilih GIMP sebagai alternatif dari aplikasi Adobe Photoshop karena bisa kamu dapatkan secara gratis.


Untuk edit foto, fitur yang tersedia di GIMP tidak kalah lengkap dengan Adobe Photoshop. Cross platform image editor ini dapat berjalan di Windows, macOS bahkan Linux.


Buat kamu yang tertarik dengan GIMP, kamu dapat mendownloadnya GRATIS di https://www.gimp.org/.

02. Artweaver

Aplikasi yang agak berbeda dari yang lainnya, kamu dapat membuat mengubah foto menjadi lukisan, sketsa atau gambar kartun dengan gampang.


Selain itu tersedia berbagai tools yang menunjang proses editing foto mulai dari brush hingga pencil. Berbagai macam tools tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengubah foto menjadi sebuah lukisan. Kamu juga bisa menambahkan tanda tangan pada foto yang kamu edit layaknya fotografer profesional.


Artweaver menyediakan versi gratis dan berbayar yang bebas kamu pilih, kamu dapat mendownloadnya di https://www.artweaver.de/en/download.

Aplikasi Edit Foto Online

01. Canva

Canva mungkin lebih dikenal sebagai aplikasi untuk melakukan desain grafis dalam membuat slide atau template Instastory. Namun sebenarnya kamu juga dapat menggunakan Canva untuk melakukan edit foto.


Banyak selebgram yang menggunakan Canva karena tampilan yang gampang dipelajari dan fitur yang lengkap. Terdapat template yang tinggal kita pakai, logo, berbagai macam filter dan sticker yang lucu atau keren membuatnya cocok untuk kamu upload di media sosial.


Karena ini aplikasi edit foto online, aplikasi ini dapat kamu buka tanpa perlu meinginstallnya terlebih dahulu. Bahkan smartphone, tablet dan laptop dapat menggunakan Canva asalkan terhubung dengan koneksi internet.


Kamu dapat membuka Canva di https://www.canva.com/id_id/foto-editor/.

02. Pixlr

Kamu mungkin familiar dengan aplikasi yang bernama Pixlr. Banyak selebgram yang menggunakan smartphone untuk edit foto dengan Pixlr. Cukup dengan mengakses website resmi Pixlr, kamu bisa menggunakan berbagai tools untuk edit foto yang lengkap dan banyak fitur seperti template siap pakai.


Tampilan yang sederhana membuat Pixlr menjadi pilihan dari berbagai kalangan, mudah dipelajari oleh pemula sekalipun.


Sebenarnya Pixlr tidak hanya online saja, namun kamu dapat menginstallnya di smartphone dan Windows.


Untuk edit foto online, kamu dapat mengunjungi website resminya di https://pixlr.com/editor/.

Untuk versi desktop, kamu dapat mendownloadnya di https://pixlr.com/id/desktop/.

Untuk smartphone, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pixlr.express&hl=in&gl=US.

Kesimpulan

Dari banyaknya aplikasi yang menjadi rekomendasi di atas mungkin kamu jadi bingung untuk memilih mana yang terbaik di antara aplikasi tersebut? jawabannya sesuaikan dengan kebutuhanmu.

comments powered by Disqus