Post Thumbnail

5 Aplikasi Olahraga Lari Terbaik, Bisa Pantau Rute & Jumlah Langkah

Apakah Anda suka berolahraga lari? Bagaimana dengan jogging? Dalam olahraga pasti Anda tidak asing dengan jogging dan kegiatan berlari. Baik berlari dengan alat seperti treadmill maupun berlari langsung di lapangan, jogging track, dan lainnya.


Ilustrasi Olahraga Lari

Dengan adanya perkembangan dalam dunia teknologi, perkembangan tersebut juga merambah pada dunia olahraga. Misalnya adalah adanya aplikasi yang membantu dalam tracking olahraga.


Salah satu aplikasi yang sangat berguna adalah aplikasi olahraga lari. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui beberapa informasi, seperti berapa jumlah langkah Anda, atau seberapa jauh Anda berlari, durasi, kecepatan, hingga rute yang telah Anda lewati.


Tidak hanya itu Anda juga bisa mencatat atau melihat perkembangan hasil olahraga Anda melalui aplikasi ini. Biasanya data akan ditampilkan dalam bentuk grafik, yang bisa Anda lihat dalam jangka waktu mingguan, bulanan, hingga tahunan. Dengan begitu Anda dapat mengatur kembali jadwal olahraga yang Anda butuhkan.


Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Playstore pada smartphone Android dan AppStore pada iPhone. Aplikasi Android olahraga lari terbaik ada banyak sekali di playstore. Ada aplikasi yang memberikan akses gratis dan ada juga yang menyediakan pilihan akses berbayar untuk menikmati layanan premium yang lebih lengkap.


Selain memantau langkah kaki dan jarak yang telah ditempuh, ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan untuk memantau kalori, heart rate (detak jantung), menyediakan beberapa tips olahraga, hingga course olahraga sebagai panduan kegiatan untuk para pengguna.


Aplikasi olahraga lari biasanya mengolah data dan menampilkannya dalam bentuk grafik. Ini akan sangat membantu Anda melihat perkembangan olahraga dan menentukan goals kedepannya.

Aplikasi Olahraga Lari & Jogging Terbaik Rekomendasi

Seperti yang telah Anda ketahui, ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di playstore. Saat mengetik “run tracker” di kolom pencarian aplikasi PlayStore maupun AppStore maka akan ada puluhan hingga ratusan aplikasi yang muncul. Ada yang menyediakan akses gratis dan juga ada yang menawarkan full akses berbayar untuk menikmati layanan premium.


Anda bisa menyesuaikan layanan tersebut dengan kebutuhan olahraga Anda. Lalu apa nama aplikasi buat lari? Berikut ini beberapa aplikasi olahraga lari yang bisa Anda coba di smartphone Android dan iPhone.

1. Adidas Running: Sport Tracker

Aplikasi yang pertama adalah adalah aplikasi dari Adidas Runtastic. Banyak ulasan positif dari para pengguna yang telah menggunakan aplikasi ini.


Aplikasi Adidas Running: Sport Tracker menyediakan berbagai layanan seperti bisa mengatur goals olahraga yang ingin Anda capai. Ada banyak pilihan, mulai dari olahraga lari, hiking, bersepeda, dan latihan atau exercise lainnya.


Anda bisa melihat statistik kegiatan olahraga Anda dalam suatu timeline waktu (hari, minggu, bulan, hingga 1 tahun) beserta waktu dan jarak yang telah ditempuh.


Dengan tampilan yang simple, desain yang clean dan user friendly membuat aplikasi ini mudah digunakan dan mudah dimengerti meski bila Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

2. Strava: Run, Ride, Hike

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Strava buatan Strava Inc. Aplikasi Strava cukup populer di kalangan komunitas lari dan komunitas bersepeda karena dengan aplikasi ini Anda bisa melihat perbandingan pencapaian orang lain dengan jalur yang sama. Strava bisa digunakan oleh pelari pemula maupun profesional karena fiturnya mudah digunakan dan mudah dipahami.


Jika Anda berlangganan menjadi user Premium, Anda bisa memasukkan 3 orang nama rekan Anda untuk memantau pergerakan Anda selama berolahraga lari di lingkungan, ini juga dapat digunakan sebagai alasan keamanan Anda dan juga rekan-rekan Anda.

3. MapMyRun

Aplikasi buatan MapMyFitness, Inc. ini juga cukup populer dengan total download, ulasan dengan bintang yang memuaskan.


Pada aplikasi ini Anda bisa melihat history rute yang telah Anda lalui. Data yang ditampilkan berupa chart dan juga grafik dari durasi, jarak, pace, dan lain sebagainya.


Anda juga bisa menambahkan teman Anda, lalu berbagi momen bersama mereka seperti di media sosial. Dan Anda bisa mencoba berlangganan layanan premium untuk mendapatkan program latihan agar olahraga Anda menjadi lebih maksimal.

4. Nike Run Club

Nike, Inc. tidak ingin kalah dalam inovasi bidang olahraga juga meluncurkan sebuah aplikasi olahraga bernama Nike Run Club. Aplikasi ini cukup populer dibuktikan dengan total unduhan, ulasan , dan rating yang bagus.


Sesuai namanya, aplikasi ini mendukung kegiatan olahraga lari Anda. Aplikasi ini memberikan layanan catatan mengenai detail lari yang Anda lakukan, seperti jarak, kecepatan, durasi, dan heart rate atau detak jantung.


Selain itu Anda juga bisa membentuk suatu club lalu saling berkompetisi dengan teman-teman Anda. Ada challenge mingguan dan bulanan yang bisa Anda coba bersama dan bersaing untuk memperoleh peringkat teratas.


Setelah beraktivitas, Anda juga dapat berbagi momen kepada teman-teman Anda di aplikasi. Aplikasi ini juga mendukung device atau perangkat dengan Android wear OS.

5. Google Fit: Memantau Aktivitas

Dengan membaca namanya pasti Anda sudah tahu, aplikasi ini adalah milik Google. Kali ini Google bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Asosiasi Jantung Amerika Serikat (AHA) untuk menyediakan Poin Kardio pada aplikasi Google Fit.


Poin kardio ini adalah sebuah target aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Anda bisa mengumpulkan poin ini dengan melakukan beberapa aktivitas untuk mencapai target.


Lalu target ini merupakan aktivitas fisik yang memang direkomendasikan oleh WHO dan AHA, yang terbukti dapat mengurangi penyakit jantung, memperbaiki kualitas tidur, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.


Google Fit dapat terintegrasi dengan baik pada device Anda, baik itu smartphone maupun smartwatch OS android. Google menyimpan semua data hasil aktivitas olahraga Anda secara realtime.


Seperti kebanyakan aplikasi running tracker lainnya, Google Fit menyimpan data jarak, rute, durasi, kecepatan, heart rate, dan juga menampilkannya dalam bentuk grafik. Apalagi Google Fit dapat menghitung jumlah langkah kaki Anda selama berlari.

Anda Pilih Aplikasi Olahraga Lari yang Mana?

Karena daftar aplikasi di atas adalah rekomendasi aplikasi olahraga lari terbaik, Anda bisa mencoba dan menentukan aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.