Post Thumbnail

7 Aplikasi Pencari Jodoh di Sekitar Terbaik 2023

Aplikasi pencari jodoh sekarang sudah sangat menjamur di kalangan anak muda. Itu karena mencari pasangan untuk jenjang yang serius tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan pergaulan yang luas belum tentu menjamin akan mendapatkan seorang pacar untuk dijadikan sebagai suami atau istri.


Malah banyak orang di zaman sekarang malah kesulitan mencari jodoh karena faktor tidak berani berkenalan secara langsung. Entah karena terlalu sibuk, tidak percaya diri, atau ada faktor lain yang menghambat.


Berkat kemajuan teknologi, banyak hal yang awalnya susah menjadi semakin mudah, begitupun mencari pasangan.


Berikut 7 rekomendasi aplikasi terbaik untuk mencari jodoh di sekitar kita dengan pengguna yang banyak dengan fitur yang menarik dengan deskripsi singkat.

1. Tinder – Aplikasi Pencari Jodoh Paling Banyak Pengguna

Tinder – Aplikasi Pencari Jodoh Paling Banyak Pengguna

Anda yang lagi jomblo akut dan ingin segera mencari cinta, ingin berkencan, atau berteman saja, Anda mungkin bisa mencoba aplikasi bernama Tinder yang telah memiliki begitu banyak pengguna di seluruh dunia.


Dengan pengguna yang banyak, tentunya Anda dapat dengan mudah untuk menemukan pasangan yang cocok tanpa memakan banyak waktu untuk mencari seorang kekasih.


Cukup dengan mengisi biodata dan foto profil yang menarik, Anda dapat berkenalan dengan beberapa cowok atau cewek lajang di dalamnya.


Navigasi dalam penggunaan aplikasi juga mudah, Anda cukup geser ke kanan untuk menyukai dan otomatis mengirim permintaan pertemanan. Begitu juga sebaliknya, Anda dapat menggeser ke kiri kalau tidak tertarik.

2. Omi – Aplikasi Kencan Berbasis AI

Omi – Aplikasi Kencan Berbasis AI

Omi merupakan aplikasi pencari jodoh yang menyediakan ruang terpercaya dan aman untuk untuk bertemu dengan orang baru. Anda yang ingin mencari jodoh, teman kencan, atau sekedar mengobrol dapat menggunakan aplikasi Omi.


Aplikasi Omi memiliki kemanan yang terjamin karena memiliki sistem verifikasi wajah berbasis artificial intelligence (AI). Sistem keamanan tersebut bertujuan untuk memastikan kemanan dan kenyamanan pengguna dengan menghilangkan akun palsu atau spam. Tidak hanya itu, Omi memiliki tim yang mengontrol konten dan pengguna 24/7.


Menariknya, Omi menyematkan fitur bernama Love Style Test yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pengguna lain yang berpotensi cocok dengan Anda berdasarkan tes kepribadian Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI. Ini merupakan salah satu jenis tes yang dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang.


Untuk menambah tingkat keakuratan lagi, Omi juga menghadirkan fitur Dating Quiz yang menyajikan sejumlah pertanyaan dan mencocokkan pengguna berdasarkan jawaban tersebut.


Dengan segala penawaran fitur yang ada, Omi bisa menjadi aplikasi kencan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pasangan yang sefrekuensi.

3. Bumble – Aplikasi Kencan yang Mendorong Wanita untuk PDKT Duluan

Bumble – Aplikasi Kencan yang Mendorong Wanita untuk PDKT Duluan

Perempuan yang mengambil inisiatif PDKT duluan dengan laki-laki kerap dianggap perempuan agresif. Sebab perempuan harus menjadi pihak yang selalu menunggu dan menerima keputusan saja dalam hal memilih pasangan.


Namun itu adalah stereotip kuno yang saat ini mulai terpatahkan. Saat ini perempuan bisa lebih leluasa mengambil segala keputusan. Tidak perlu malu dan gengsi, boleh-boleh saja kan perempuan yang harus maju duluan?


Jika masih belum mampu melakukannya di kehidupan nyata, para perempuan bisa mencoba aplikasi Bumble untuk melakukan pendekatan dengan laki-laki.


Bumble memang dikhususkan untuk perempuan yang sedang mencari laki-laki idamannya. Dalam pemasangan heteroseksual, hanya pengguna perempuan yang dapat menjalin kontak pertama dengan pengguna laki-laki. Sebab di Bumble, perempuan lah yang harus mengawali percakapan duluan.


Jika sang laki-laki tidak membalas pesan dari perempuan dalam 24 jam, dia akan kehilangan calon kencannya. Bumble merancang fitur timer tersebut untuk mendorong seseorang agar segera melakukan kontak.


Tetapi jika Anda adalah orang yang suka menunda-nunda, Bumble mungkin kurang cocok untuk Anda.

4. Badoo – Bisa Melihat Siapa yang Mengintip Profil Anda

Badoo – Bisa Melihat Siapa yang Mengintip Profil Anda

Sedikit berbeda dengan aplikasi pencari jodoh yang lain, Badoo memungkinkan Anda untuk mengenal terlebih dahulu informasi mengenai orang-orang yang ingin Anda jadikan pasangan tanpa harus match terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa memilih kriteria terbaik untuk memilih pasangan.


Untuk keamanan dan kenyamanan, pengguna harus berusia minimal 18 tahun dan hanya boleh mengunggah foto-foto yang layak dalam situs pertemanan.


Dalam aplikasi Badoo ada salah satu fitur yang unik. Seperti ketika ada pengguna yang sedang mengintip profil Anda, Anda akan mendapat notifikasi bahwa sesorang telah melihat profil Anda. Bahkan Anda dapat melihat siapa orang yang telah mengintip profil diam-diam.


Namun, jika Anda tidak ingin ketahuan telah mengintip profil seseorang, Anda bisa mengaktifkan mode tembus pandang dengan menjadi member premium terlebih dahulu.


Update terbaru dari Badoo memungkinkan Anda untuk mengimport foto dari Instagram serta mengundang teman-teman dari jejaring sosial lain untuk ikut bergabung.

5. OkCupid – Preferensi dan Profil Pengguna yang Lebih Mendalam

OkCupid – Preferensi dan Profil Pengguna yang Lebih Mendalam

OkCupid dapat menjadi salah satu rekomendasi aplikasi dating yang dapat kita pilih. Di antara aplikasi dating lainnya, OkCupid termasuk aplikasi paling tua. Aplikasi ini pertama kali meluncur pada tahun 2004, tahun rilis yang sama dengan jejaring sosial Facebook.


OkCupid juga menjadi aplikasi kencan pertama yang mengenalkan 22 jenis kelamin dan pilihan 13 orientasi seksual yang disebut revolusioner.


Salah satu kelebihan OkCupid adalah bisa mencari calon pasangan berdasarkan lokasi, jarak, spesifikasi tertentu seperti hobi, makanan kesukaan, hingga film favorit.


Maka dari itu aplikasi ini meminta Anda untuk mengisi profil yang cukup panjang. Tujuannya adalah untuk menambah presentase agar profil Anda lebih sering dilihat dan mendapatkan banyak kecocokan. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan jodoh semakin dekat dengan Anda.

6. Tantan – Dirancang Khusus untuk Anak Muda Usia Awal 20-an

Tantan – Dirancang Khusus untuk Anak Muda Usia Awal 20-an

Tantan merancang aplikasi khusus untuk anak muda usia awal 20-an. Namun bukan berarti orang dewasa tidak boleh menggunakan aplikasi ini.


Tantan menerapkan gaya aplikasi yang simple dan tidak banyak kustomisasi preferensi. Bagi sebagian orang mungkin merasa lebih nyaman dengan kustomisasi preferensi yang sedikit tapi tidak menghilangkan fitur utamanya, yakni cari teman dan jodoh.


Tantan mengenalkan fitur bernama Ice Breaking yang berfungi untuk meningkatkan pencocokan karakter. Tantan bakal menguji Anda dan pasangan Anda dengan menjawab 10 pertanyaan acak.

7. Coffee Meets Bagel – Aplikasi Kencan yang Ramah Perempuan

Coffee Meets Bagel – Aplikasi Kencan yang Ramah Perempuan

Merupakan aplikasi kencan yang ramah terhadap perempuan dengan mengutamakan preferensi perempuan. CMB dapat menjadi aplikasi pilihan Anda yang merasa lelah terhadap aplikasi kencan yang cenderung ke hal seksual.


Untuk melindungi penggunanya dari pelecehan seksual dan kekerasan, Coffee Meets Bagel mengatur foto yang Anda unggah secara ketat. Terdapat beberapa aturan foto yang harus Anda patuhi, yaitu:


  • Foto pribadi.
  • Salah satu foto harus menunjukkan wajah keseluruhan.
  • Tidak mengandung unsur pornografi.
  • Foto yang terdapat anak-anak harus ada pendampingan dari orang tua.
  • Tidak memperlihatkan obat terlarang dan senjata.

Selain itu, Coffee Meets Bagel juga menekankan kecocokan (matches) yang fokus pada kualitas daripada kuantitas pengguna. Anda yang ingin mendapatkan pasangan yang berkualitas, mungkin bisa mencoba mendaftar di Coffee Meets Bagel.


Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda harus mendaftar dengan menggunakan akun Facebook atau nomor telepon.


Nantinya, CMB akan menyarankan orang-orang yang merupakan teman Anda di Facebook atau yang ada di kontak Anda. Jika Anda mendaftar dengan akun Facebook, maka Coffee Meets Bagel akan menjelajahi teman-teman Anda dan kemudian mencocokkan profil Anda. Jika terdapat kecocokan, jangan kaget jika yang muncul adalah teman Facebook Anda sendiri.


Dengan fitur ini Anda akan terhindar dari akun-akun palsu yang mungkin dapat mengancam keselamatan Anda.

Kesimpulan

Banyaknya aplikasi dating dapat meningkatkan presentase Anda untuk mendapatkan peluang lebih banyak jodoh. Jodoh memang ada di tangan tuhan, namun kita perlu usaha untuk mendapatkannya. Dan juga ketika Anda memakai aplikasi pencari jodoh, selalu gunakan foto terbaik Anda di profil untuk kesan pertama yang baik.