Post Thumbnail

16 Aplikasi Pinjaman Online, Resmi OJK & Bunga Rendah

Aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan bunga ringan sekarang sudah begitu banyak ditemukan. Penyedia layanan tersebut juga berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanannya baik dalam segi kenyamanan dan fitur yang diunggulkan. Seperti suku bunga yang kecil, tenor yang panjang, pencairan yang cepat dengan syarat yang mudah.


Tentu hal tersebut menjadi solusi kemudahan masyarakat yang sedang membutuhkan dana cepat dan bisa langsung cair. Masyarakat sudah tidak perlu lagi pergi ke bank dan harus mengantri yang begitu lama.


Karena sekarang banyak aplikasi pinjaman online ilegal, jangan pernah tergoda dengan iming-iming limit tinggi dengan tingkat bunga yang tidak realistis seperti 0%, meskipun ada keperluan mendesak dan segera butuh uang secepatnya. Jangan sampai Anda terjebak aplikasi pinjaman online yang tidak aman dan tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Hal tersebut sangat berbahaya karena biasanya aplikasi yang tidak terdaftar di OJK, legalitasnya tidak jelas.


Berikut kami kumpulkan daftar aplikasi pinjaman online yang terpercaya dan sudah diawasi oleh OJK.


  1. JULO
  2. Kredivo
  3. Dompet Kilat
  4. Akulaku
  5. Danamas
  6. Kredit Pintar
  7. Indodana
  8. danabijak
  9. Maucash
  10. Rupiah Cepat
  11. Home Credit
  12. PinjamanGo
  13. KrediFazz
  14. Modalku
  15. AdaKami
  16. Tunaiku

Mari kita lihat deskripsi singkat daftar aplikasi pinjaman online yang sudah terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1. JULO – Kredit Digital Cepat Cair dan Aman, Limit Tinggi 15 Juta Rupiah

JULO – Kredit Digital Cepat Cair dan Aman, Limit Tinggi 15 Juta Rupiah

PT. Julo Teknologi Finansial telah mendapatkan izin penuh sesuai keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). JULO merupakan salah satu rekomendasi untuk Anda yang sedang mencari layanan aplikasi kredit digital cepat cair terdaftar OJK. Dengan limit tinggi maksimal Rp. 15.000.000, Anda dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan.


Dengan tingkat bunga yang rendah serta transparan dari 0.1% per hari – sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga Anda tidak perlu takut ada biaya tambahan Walau banyak aplikasi pinjaman online ilegal sekarang ini yang menawarkan iming-iming limit tinggi dengan tingkat bunga yang tidak realistis seperti 0%, jangan pernah tergoda sekalipun untuk menggunakan layanan tersebut.


Dengan menggunakan layanan aplikasi legal dan berizin OJK, Anda bisa terhindar dari praktik penagihan tidak manusiawi dan pengenaan biaya tidak transparan yang mencekik. Selain itu, keamanan data Anda juga lebih terjamin.


Menariknya, JULO menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian Anda. Dengan begitu, Anda dapat membayar cicilan dengan lebih mudah. Selain itu, JULO juga mengadakan undian berhadiah uang tunai jutaan rupiah hingga emas batangan setiap bulannya sebagai tanda apresiasi pelunasan lebih awal.


Adapun syarat untuk dapat mendapatkan limit kredit JULO adalah sebagai berikut:


  • WNI berdomisili di Indonesia.
  • Berusia 21 – 65 tahun.
  • Menggunakan smartphone Android milik sendiri kurang lebih satu bulan.

2. Kredivo – Bunga 0% dengan Tenor 3 Bulan

Kredivo – Bunga 0% dengan Tenor 3 Bulan

Salah satu rekomendasi aplikasi pinjaman online terpercaya karena telah mengantongi izin penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menawarkan kredit instan hingga Rp. 30.000.000, Anda dapat melakukan cicilan dalam 30 hari atau cicilan 3, 6, 12 bulan.


Dengan tingkat bunga yang rendah, Anda bisa memilih cicilan 3 bulan dengan bunga 0% ataupun dengan cicilan 6 bulan atau 12 bulan dengan bunga 2.6% per bulan. Untuk keamanan juga terjamin, Anda akan mendapatkan PIN dan OTP untuk melindungi akun Anda.


Selain fitur cicilan, Kredivo juga menyediakan layanan beli sekarang bayar nanti atau yang lebih dikenal dengan istilah PayLater. Fitur ini bisa digunakan di beberapa e-commerce di Indonesia.


Sedangkan syarat untuk mendapatkan pinjaman di Kredivo adalah sebagai berikut:


  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.
  • Berpenghasilan minimal Rp. 3.000.000 per bulan.

3. Dompet Kilat – Pinjaman Online Bunga Rendah dan Pelayanan Memuaskan

Dompet Kilat – Pinjaman Online Bunga Rendah dan Pelayanan Memuaskan

Sebagai sebuah perusahaan populer yang bergerak di bidang finansial berbasis teknologi, Dompet Kilat telah mendapatkan izin penuh sesuai keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menjadi salah satu rekomendasi dari jajaran aplikasi yang lain. Anda dapat meminjam dengan batas limit hingga Rp. 2.000.000, dengan bunga 1.25% per bulan.


Meskipun nominalnya tidak besar, setidaknya dana pinjaman tersebut dapat Anda manfaatkan untuk bermacam-macam kebutuhan, seperti pendidikan, perbaikan kendaraan, biaya berobat, dan lain sebagainya.


Selain tingkat bunga yang rendah dan pelayanan yang memuaskan, cara penagihan juga ramah dan tidak pernah mengancam.


Kelebihan Dompet Kilat dibanding aplikasi pinjaman lain adalah pilihan jenis pendanaan yang lebih banyak. Mulai dari modal wirausaha, kredit motor, pelunasan hutang, biaya pengobatan, hingga biaya pernikahan bisa Anda ajukan di aplikasi ini.


Sedangkan syarat untuk mengajukan pinjaman di Dompet Kilat adalah sebagai berikut:


  • WNI.
  • Usia minimum 18 tahun.
  • Memiliki pekerjaan tetap.
  • Nomor HP aktif.
  • KTP.
  • NPWP.
  • Bukti Penghasilan.

4. Akulaku – Pinjaman Online Limit 15 Juta dengan Tenor 15 Bulan

Akulaku – Pinjaman Online Limit 15 Juta dengan Tenor 15 Bulan

Telah mendapat izin sesuai keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan perusahaan fintech berbasis aplikasi online terbesar di Asia Tenggara. Selain meminjamkan dana dalam bentuk tunai, Akulaku juga dapat digunakan untuk kredit barang. Beberapa perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia juga menyertakan Akulaku sebagai salah satu metode pembayaran kredit.


Kemudahan proses dan syarat yang gampang bahkan tanpa jaminan membuat Akulaku mudah diterima oleh masyarakat. Anda dapat meminjam uang hingga limit Rp. 15.000.000 dengan jangka waktu pengembalian 15 bulan.


Akulaku dapat Anda andalkan saat ada keperluan yang mendesak. Pasalnya, mayoritas persyaratan kredit terlalu ribet dan memakan waktu cukup lama. Untungnya Akulaku dapat memberikan pinjaman tunai secara online dengan syarat mudah dan waktu yang tepat.


Untuk mengajukan pinjaman di Akulaku, terdapat syarat yang harus Anda penuhi, antara lain:


  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia 21 tahun – 55 tahun.
  • Berpenghasilan dan punya pekerjaan tetap.
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi.

5. Danamas – Aplikasi Pinjaman Online Pertama yang Terdaftar OJK

Danamas – Aplikasi Pinjaman Online Pertama yang Terdaftar OJK

Danamas merupakan perusahaan Peer-to-Peer Lending (P2P Lending) pinjaman online pertama yang mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


P2P lending adalah sebuah layanan atau metode pinjam-meminjam uang dalam mata uang rupiah Indonesia secara langsung yang menghubungkan kreditur atau lender sebagai pemberi pinjaman.


Jumlah pinjaman yang dapat diberikan oleh Danamas mulai dari Rp. 1.000.000 sampai Rp. 7.500.000 yang dapat diangsur selama 3 hingga 12 bulan.


Pinjaman yang Anda dapat di Danamas dapat Anda gunakan untuk bisnis jualan pulsa, modal usaha pertanian atau peternakan, top-up pulsa dan listrik, hingga kebutuhan lainnya.


Untuk mengajukan pinjaman di Danamas, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, antara lain:


  • WNI dan berdomisili di Jabodetabek.
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Memiliki rekening di Bank Sinarmas.
  • KTP.
  • Memiliki usaha produktif yang dikembangkan.

6. Kredit Pintar – Pinjaman Uang Online dan KTA Cepat Cair, Limit 20 Juta

Kredit Pintar – Pinjaman Uang Online dan KTA Cepat Cair, Limit 20 Juta

Salah satu aplikasi pinjaman online tanpa agunan. Hanya bermodalkan KTP Anda bisa mengajukan pinjaman uang tunai dengan cepat dan langsung cair. Kredit Pintar menawarkan pinjaman uang tunai hingga Rp. 20.000.000 dengan bunga tahunan tidak lebih dari 11%.


Selain persyaratan yang mudah dan tanpa jaminan, Kredit Pintar juga sudah mengantongi izin penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir akan ada biaya tambahan yang tidak transparan dan tidak jelas.


Jika terjadi masalah, keluhan, dan pertanyaan terkait pinjaman, Anda bisa menghubungi call center yang siap melayani selama jam kerja. Atau mengirim pesan langsung ke media sosial Kredit Pintar.


Sedangkan syarat untuk mengajukan pinjaman di Kredit Pintar adalah sebagai berikut:


  • WNI.
  • KTP.
  • Berusia minimal 18 tahun.

7. Indodana – Pinjaman Online Limit 12 Juta Langsung Cair Tanpa Jaminan

Indodana – Pinjaman Online Limit 12 Juta Langsung Cair Tanpa Jaminan

Indodana adalah platform Fintech Lending dari PT. Artha Dana Teknologi yang sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Indodana dapat memberikan pinjaman dana mulai dari Rp. 1.000.000 hingga Rp. 12.000.000 dengan bunga yang kompetitif. Pinjaman dana tunai ini sangat tepat bagi Anda yang membutuhkannya.


Mirip seperti Kredivo, Indodana memberikan cicilan dengan bunga 0% jika Anda memilih periode cicilan 3 bulan. Indodana sendiri juga memberikan kebebasan periode cicilan hingga 12 bulan.


Untuk mengajukan pinjaman di Indodana, Anda setidaknya harus memenuhi persyaratan berikut ini:


  • Pendapatan minimum Rp3.500.000/bulan.
  • Berusia minimal 20 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Memiliki KTP dan nomor handphone aktif.
  • Berada di area layanan Indodana.

8. danabijak – Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Limit Awal 20 Juta

danabijak – Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Limit Awal 20 Juta

danabijak adalah perusahaan Fintech (financial technology) di Indonesia yang memberikan jasa pinjaman resmi, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan memprioritaskan keamanan dan kepercayaan nasabahnya, data pribadi Anda di danabijak akan tersimpan dengan aman dan tidak dapat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Markus Prommik sebagai CEO dan Founder danabijak mengatakan bahwa hadirnya danabijak sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia untuk terlepas dari masalah keuangan, sehingga tidak lagi terjebak dengan rentenir yang memberikan bunga tidak masuk akal, alias diluar nalar.


danabijak memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk menentukan jumlah uang yang ingin diajukan. Sedangkan jumlah pinjaman yang dapat diberikan oleh danabijak mulai dari Rp. 1.000.000 hingga Rp. 20.000.000 dengan tenor 9 bulan.


Adapun syarat yang harus Anda penuhi untuk mengajukan pinjaman di danabijak adalah sebagai berikut:


  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Minimal umur 25 tahun.
  • Minimum pendapatan Rp. 1.600.000.

9. Maucash – Pinjaman Tunai Online Limit Besar 20 Juta dan Fitur Paylater

Maucash – Pinjaman Tunai Online Limit Besar 20 Juta dan Fitur Paylater

Maucash merupakan anak perusahaan PT. Astra International TBK dengan WeLab, perusahaan fintech yang berada di Hongkong. Bergerak di bidang fintech (financial technology) dengan kategori peer-to-peer lending (P2P Lending) sama seperti Danamas.


Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta telah memperoleh ISO 27001 sehingga Maucash menjadi layanan pinjaman yang aman dan terpercaya. Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap data-data pribadi yang tersimpan di Maucash bisa bocor atau dihack pihak yang tidak bertanggung jawab.


Maucash memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan mimpinya melalui limit pinjaman Maucash. Bagaimana tidak? limit yang besar hingga Rp. 20.000.000 dapat Anda ajukan dengan mudah. Dana tersebut dapat Anda manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan.


Selain menawarkan pinjaman tunai, Maucash juga menawarkan layanan paylater seperti Kredivo. Limit untuk layanan paylater di Maucash sama seperti layanan pinjaman tunai, yakni Rp. 20.000.000. Anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk transaksi barang digital mulai dari pembelian pulsa, pembayaran taginan, dsb.

10. Rupiah Cepat – Proses Pengajuan Cepat, Cukup 15 Menit Dengan Limit 10 Juta

Rupiah Cepat – Proses Pengajuan Cepat, Cukup 15 Menit Dengan Limit 10 Juta

Rupiah Cepat merupakan perusahaan fintech (financial technology) dengan mengusung kategori Peer-to-Peer Lending (P2P Lending). Yang mana platform pinjaman online P2P ini mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman melalui aplikasi. Jadi, Rupiah Cepat sebagai penghubung antara peminjam yang membutuhkan pendanaan dengan lender yang bersedia meminjamkan dananya.


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memberikan izin dan mengawasi Rupiah Cepat. Jadi, Anda dapat dengan tenang tanpa khawatir ada biaya tambahan yang tidak transparan dan tidak jelas.


Anda dapat mengajukan pinjaman hingga Rp. 10.000.000 tanpa jaminan dengan jangka waktu pelunasan 3 bulan dan bunga 24% per tahun. Proses pengajuan juga cepat, cuma butuh waktu sekitar 15 menit dan pinjaman akan cair ke rekening bank calon peminjam dan dapat ditarik secara tunai.


Syarat untuk mengajukan pinjaman di Rupiah Cepat adalah sebagai berikut:


  • KTP.
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki rekening bank.

11. Home Credit – Pinjaman yang Berupa Barang

Home Credit – Pinjaman yang Berupa Barang

Home Credit menawarkan model pinjaman online yang sedikit berbeda dengan platform pinjaman online lainnya. Pinjaman di Home Credit bukanlah uang, melainkan berupa barang elektronik hingga gadget.


Home Credit memberikan produk pinjaman dengan cara menawarkan barang secara langsung yang bisa didapatkan dengan kredit.


Ada beberapa kategori barang yang dapat kita kredit di Home Credit, seperti handphone, gadget, furnitur, kamera, tv, dan laptop atau komputer. Jadi, daripada meminjam uang yang ujung-ujungnya juga dibelikan sebuah barang, mungkin dengan menggunakan aplikasi Home Credit bisa Anda pertimbangkan.


Home Credit juga telah terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Anda dapat dengan tenang untuk meminjam berupa barang tanpa khawatir tiba-tiba ada biaya yang tidak jelas.


Home Credit menawarkan pilihan tenor hingga 9 bulan dan proses pengajuan yang sangat mudah, hanya butuh waktu 3 menit saja. Sedangkan syarat untuk mengajukan pinjaman barang di Home Credit adalah sebagai berikut:


  • WNI berusia minimal 21 tahun atau 19 tahun (jika menikah) dan maksimal 55 tahun.
  • KTP.
  • Mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap.
  • Mempunyai rekening bank yang aktif dan memiliki atas nama sesuai dengan kartu identitas, pengajuan tidak dapat diberikan jika menggunakan rekening atas nama orang lain.

12. PinjamanGo – Biaya yang Transparan dan Sesuai Regulasi Otoritas Jasa Keuangan

PinjamanGo – Biaya yang Transparan dan Sesuai Regulasi Otoritas Jasa Keuangan

Aplikasi pinjaman online yang telah terverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan anak perusahaan Sinarmas Group. Untuk transaksi pinjam-meminjam, PinjamanGo mengusung sistem Peer-to-Peer Lending (P2P Lending). Di mana sistem tersebut mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman melalui aplikasi.


Pada dasarnya, aplikasi ini memang khusus untuk mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman. Semua prosesnya dilakukan secara digital, Anda pun jadi dapat menghemat waktu.


Dengan PinjamanGo Anda dapat melakukan pinjaman uang tunai cash tanpa agunan. Batas kredit peminjaman yang tinggi maksimal Rp. 6.000.000 dapat cair dengan cepat dan aman. Apalagi bunga 0.8% yang tergolong cukup rendah.


Syarat untuk mengajukan pinjaman di PinjamanGo adalah sebagai berikut:


  • Memiliki KTP.
  • Memiliki rekening bank.
  • Memiliki nomor HP tetap.
  • Penghasilan yang stabil.

13. KrediFazz – Pinjaman Cepat Limit 5 Juta dengan Bunga Rendah

KrediFazz – Pinjaman Cepat Limit 5 Juta dengan Bunga Rendah

Pinjaman online resmi, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menawarkan kredit dana tunai tanpa jaminan cepat cair. KrediFazz adalah aplikasi yang aman dan bukan penipuan. Pelaksanaan kegiatan usahanya pun diawasi secara ketat oleh OJK.


KrediFazz bergerak di bidang fintech (financial technology) dengan kategori Peer-to-Peer Lending (P2P Lending) sama seperti Danamas. Yang mana dengan P2P Lending tersebut menghubungkan pemberi dan penerima pinjaman melalui aplikasi secara langsung.


Dengan batas peminjaman Rp. 5.000.000, bunga yang ditawarkan cukup rendah yaitu 0.3% per hari dan melunasi dalam 61 hari. Namun jika telat membayar setelah 61 hari, maka bunga naik menjadi 0.7% per hari karena mendapatkan denda keterlambatan 0.5% per hari.


Untuk mengajukan pinjaman di KrediFezz, ada beberapa syarat mudah yang harus Anda penuhi, yaitu:


  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Tinggal di Indonesia.
  • Berpenghasilan minimal Rp. 2.000.000 per bulan.

14. Modalku – Platform Pinjaman dan Pendanaan Dana untuk UMKM

Modalku – Platform Pinjaman dan Pendanaan Dana untuk UMKM

Untuk Anda yang memiliki usaha UMKM dan sedang membutuhkan modal untuk usaha, Anda bisa meminjam di Modalku yang sudah jelas terdaftar di OJK tanpa khawatir penipuan dan biaya yang tidak transparan.


Modalku termasuk dalam kategori pinjaman online Peer-to-Peer Lending yang sekarang beroperasi di Indonesia dan Asia Tenggara. P2P Lending memungkinkan untuk mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman secara langsung di aplikasinya.


Untuk peminjaman, Modalku menyediakan bisnis UMKM online maupun offline. Anda bisa mengajukan pinjaman di Modalku jika usaha Anda sudah berjalan minimal 6 bulan dan pendapatan bulanan mulai dari Rp. 6.000.000.


Terdapat beberapa syarat mudah yang harus Anda penuhi untuk meminjam di Modalku, antara lain:


  • KTP.
  • Foto Selfie.
  • Mutasi rekening usaha.
  • Laporan penjualan usaha.

15. AdaKami – Pinjaman Online Cepat Cair dengan Limit Besar 80 Juta

AdaKami – Pinjaman Online Cepat Cair dengan Limit Besar 80 Juta

AdaKami mengedapankan tagline “Pinjaman online cepat, aman, dan terpercaya” karena telah resmi mengatongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Menariknya, terdapat bonus menarik dengan menukarkan poin. Selain itu, tawaran kemudahan akses dan limit pinjaman yang tinggi hingga Rp. 80.000.000 membuat warganet tertarik untuk menjajal aplikasi pinjaman online ini. Apalagi Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan apapun.


Untuk pengguna baru hanya akan ada satu tenor pinjaman untuk mengangsur pembayaran. Namun, pada pengguna yang telah meminjam dan mengembalikan pinjaman akan mendapatkan variasi tenor saat mengajukan pinjaman lagi.


Dalam pengajuan pinjaman, Anda akan menunggu paling lambat 48 jam setelah pengajuan. Jadi, silakan cek notifikasi secara berkala.


Untuk mendapatkan pinjaman uang di AdaKami, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:


  • Berkewarganegaraan Indonesia.
  • Berusia antara 21 – 50 tahun.
  • Memiliki penghasilan tetap.
  • KTP.
  • Memiliki buku tabungan atas nama pribadi.

16. Tunaiku – Bunga Ringan dan Tenor Lebih Panjang Hingga 20 Bulan

Tunaiku – Bunga Ringan dan Tenor Lebih Panjang Hingga 20 Bulan

Tunaiku menyediakan layanan pinjaman online dengan periode cicilan yang cenderung lebih lama dibanding kompetitornya, yaitu mulai dari 6-20 bulan. Anda bisa meminjam mulai dari Rp. 2.000.000 sampai Rp. 20.000.000 dengan tenor yang bervariasi. Bunga yang ditawarkan juga tergolong rendah, cuma 2% – 5% per bulan.


Meskipun limit pinjaman yang cukup tinggi dan tenor bervariasi, jika Anda terlambat membayar cicilan, akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar Rp. 150.000 per bulannya.


Karena Tunaiku sudah terverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anda tidak perlu khawatir akan penipuan dan biaya tambahan yang tidak transparan.


Pencairan pinjaman terhitung cepat, hanya menunggu persetujuan hingga 24 jam. Kemudian Anda dapat menandatangani kontrak pinjaman 1-3 hari setelahnya.


Sedangkan syarat untuk mendapatkan pinjaman di Tunaiku antara lain:


  • WNI.
  • Berusia antara 21 sampai 55 tahun.
  • Memiliki rekening bank.
  • KTP.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan aplikasi pinjaman online mungkin bisa memudahkan Anda jika sedang terdesak kebutuhan untuk segera mendapatkan dana yang cepat cair dengan bunga ringan. Aplikasi di atas sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga sudah terjamin terpercaya dan aman. Anda tidak perlu khawatir akan penipuan dan biaya yang tidak jelas.

comments powered by Disqus