Panduan Mudah Cara Install Composer di Linux

Composer

Tahukah kamu apa itu Composer? sebelum memulai proses instalasi ada baiknya kamu mengetahui apa itu composer. Composer adalah Dependency Manager khusus bahasa pemrograman PHP. Kamu bisa install sebuah library melalui composer dan composer akan menginstall secara otomatis library yang dibutuhkan tanpa perlu mendownload satu-satu. Fungsi dari composer ini sama seperti perintah apt-get install di Linux, kamu bisa menginstall bermacam-macam library / packages di composer.

Misalnya kita akan menginstall suatu package atau library A. Jika menggunakan cara konvensional kita perlu mendownload library A dan meletekkannya pada folder project kita. Untuk mengakses library tersebut kita perlu melakukan include atau require pada library A, terlihat sederhana bukan? tapi bagaimana jika library A ternyata membutuhkan library yang lain, misalnya library B, dan library B ternyata membutuhkan library C, belum lagi soal versi, misalnya library A membutuhkan library B versi sekian, dan library C versi sekian, terasa ribet bukan?

Composer hadir untuk mengatasi permasalahan itu, kemudahan yang diberikan sangat membantu dalam pengembangan aplikasi PHP bagi developer. Tahukah kamu apa perbedaan setelah install composer? misalnya tadi kita mau install library A, composer akan menginstall secara otomatis library-library lain yang dibutuhkan oleh library A dan tidak perlu repot-repot melakukan require atau include file library satu-satu.

Untuk repository, composer menggunakan packagist. Terdapat ribuan packages dan library PHP di sana yang dapat kamu install melalui composer, kamu bisa mengunjungi situs resminya di https://packagist.org/.

Sudah paham apa itu composer dan kegunaanya? baiklah sekarang kita menuju tahap instalasi Composer di Linux.

#Cara Install Composer

    1. Buka terminal, CTRL+ALT+T
    2. Ketik perintah sudo su untuk mengakses sebagai root
    3. Paste perintah di bawah ini:
      curl -sS https://getcomposer.org/installer | php -- --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer
      Jika berhasil akan tampil seperti gambar di bawah ini.
      install composer via terminal di linux
    4. Ketik perintah composer di terminal untuk melihat apakah sudah terinstall atau belum. Jika sudah sama seperti gambar di bawah ini berarti proses pemasangan composer di Linux telah berhasil 🙂running composer via terminal di linux

Selesai sudah panduan install Composer di Linux, selamat mencoba dan berkreasi dengan Linux. Jika ada pertanyaan silakan berikan komentar!

Related Post "Panduan Mudah Cara Install Composer di Linux"

Live Username Availability Check dengan PHP dan AJAX
Check Username Availability dengan PHP dan Ajax

Leave a reply "Panduan Mudah Cara Install Composer di Linux"