Composer yang lambat memang menjengkelkan karena kita harus menunggu lama pada saat proses download library melalui Composer. Pasti kamu juga merasakannya setelah baru install Composer untuk mengunduh package saja membutuhkan waktu yang lama. Lalu mungkinkah proses download library melalui Composer bisa dipercepat? tentu saja bisa. Dengan plugin Prestissimo kamu bisa mempercepat kinerja Composer yang sebelumnya lambat. Plugin tersebut mengunduh package secara parallel untuk mempercepat kinerjanya, maksudnya file yang diunduh tersebut dipecah menjadi beberapa bagian yang kecil dan diunduh secara bersamaan.

Sebelum Install Prestissimo

  • composer >=1.0.0 (includes dev-master)
  • PHP >=5.3, (suggest >=5.5, because curl_share_init)
  • ext-curl

Untuk memasang plugin ini sistemmu sudah harus memenuhi minimal persyaratan di atas, jika sudah kamu bisa langsung menuju tahap instalasi.

Cara Install Prestissimo

Pastikan kamu sudah menginstall Composer secara global, jika belum silakan baca tutorial di bawah ini.

Cara Mudah Install Composer di Linux

Jika sudah, ketikkan perintah ini di terminal.

composer global require hirak/prestissimo

Tunggu seperti biasa hingga proses instalasi selesai. Jika instalasi sudah selesai bisa kamu coba untuk mengunduh package dari Composer, maka kamu akan tahu perbedaan sesudah dan sebelum install plugin ini.

Benchmark

Dari akun Github Prestissimo, terdapat contoh benchmark untuk menguji kinerja plugin ini. Dalam pengujian yang dilakukan yaitu mengunduh Laravel yang sebelumnya 288 detik menjadi 26 detik, menakjubkan sekali bukan?

Peningkatan kecepatan yang sangat signifikan ini membuat plugin ini sangat penting untuk diinstall, dan seharusnya plugin ini menjadi plugin wajib yang bergandengan dengan Composer.

Hasil Benchmark Composer Dengan Plugin Prestissimo

Hasil Benchmark Composer Dengan Plugin Prestissimo

Gambar di atas menunjukkan kecepatan pada saat mengunduh menggunakan Composer yang sudah terpasang plugin Prestissimo. Jika kamu merasa ini sangat membantu pekerjaanmu, beri tahu temanmu dengan membagikan artikel ini ya!