Contoh Database Penjualan Barang dengan MySQL

Database penjualan sering menjadi contoh pembelajaran karena penjualan merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sistem penjualan barang pada umumnya terdiri dari fitur mengelola barang, pelanggan, transaksi dan lainnya.

Tujuan membuat contoh ini agar kamu memiliki gambaran/alur tentang sistem penjualan barang. Kamu juga bisa memodifikasi atau mengembangkan database ini sebagai latihan untuk belajar.

Untuk meningkatkan kemampuan manajemen database, kamu perlu melihat berbagai contoh kasus untuk dipelajari dan diekplorasi lebih lanjut.


Analisa Kebutuhan Tabel Database Penjualan

Pada contoh berikut menggunakan studi kasus yang cukup sederhana di mana struktur database hanya fokus pada pengelolaan barang/produk serta transaksi.

  1. Barang
    Berisi barang-barang, menyimpan informasi berupa kode_barang, nama_barang, harga, stok, dan siapa supplier barang tersebut.
  2. Supplier
    Menyimpan data-data supplier sebagai penyuplai barang.
  3. Pelanggan
    Menyimpan data-data pelanggan yang melakukan pembelian.
  4. Transaksi
    Menyimpan data transaksi terkait kapan waktu transaksi, keterangan, jumlah harga barang yang dibeli, dan siapa yang membeli.
  5. Detail Transaksi
    Menampung barang apa saja yang dibeli, harga barang saat transaksi, dan qty (quantity) karena satu transaksi setiap satu pelanggan dapat membeli lebih dari satu barang.
  6. Pembayaran
    Menyimpan data pembayaran dari setiap transaksi.

Desain & Struktur Tabel Database Penjualan

Berikut ini adalah desain tabel yang saling berelasi antara satu dengan yang lain.

Contoh Database Penjualan dengan MySQL
Contoh Database Penjualan dengan MySQL

Jika kamu masih bingung dengan relasi dan normalisasi pada database, silakan baca artikel di bawah ini.

3 Macam Relasi Tabel Database (Cara dan Contoh)

Normalisasi Database 1NF, 2NF & 3NF (Cara dan Contoh)


Download Contoh Database Penjualan

Untuk memudahkan, kamu dapat mendownload contoh database ini secara gratis dengan mengeklik tombol download di bawah ini.


Kesimpulan

Seperti itulah gambaran database pada sistem penjualan yang sederhana dengan penjelasan pada setiap kebutuhan tabelnya. Kamu bisa mengembangkannya menjadi database penjualan online, makanan, pakaian, barang elektronik atau yang lain agar kemampuanmu tentang membuat database semakin bertambah baik.

Tinggalkan komentar

85 − = 76