Contoh Database Perpustakaan dengan MySQL

Database perpustakaan biasanya sering menjadi sebagai tugas sekolah atau kampus karena perpustakaan merupakan sesuatu yang sering kita jumpai di lingkungan akademik. Sistem perpustakaan umumnya terdiri dari fitur mengelola buku, anggota, petugas, peminjaman, pengembalian, dan lainnya.

Untuk membuat sebuah aplikasi, kita perlu melakukan beberapa analisis data yang akan kita olah menjadi informasi yang bermanfaat, dalam hal ini yang kita buat adalah database. Sebelumnya kita perlu memikirkan seberapa besar database tersebut. Dari hasil pemikiran tersebut kita dapat mengira-ngira tabel apa saja yang akan kita pakai sebagai penyimpanan data.

Tujuan saya membuat contoh database ini agar kamu memiliki gambaran/alur tentang sistem perpustakaan yang akan kamu buat. Kamu juga bisa memodifikasi atau mengembangkan database ini sebagai latihan untuk belajar.

Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan manajemen database, kita perlu melihat berbagai contoh kasus sebagai referensi belajar dan untuk ekplorasi lebih lanjut.


Analisa Kebutuhan Tabel Database Perpustakaan

Dari hasil analisis tabel, kira-kira kita memerlukan 10 tabel antara lain sebagai berikut.

  1. Petugas
    Menyimpan data petugas yang berperan sebagai admin untuk mengelola seluruh data, termasuk melakukan transaksi peminjaman, pengembalian, kelola anggota, kelola buku, dan lainnya. Jika ingin mengembangkan, petugas dapat memilik hak akses yang berbeda-beda.
  2. Anggota
    Menyimpan data anggota perpustakaan yang mempunyai hak untuk membaca dan meminjam buku.
  3. Peminjaman
    Menyimpan data transaksi peminjaman buku terkait tanggal pinjam, tanggal kembali, anggota yang meminjam, dan petugas yang menangani.
  4. Detail Peminjaman
    Menyimpan data buku yang kita pinjam, karena setiap anggota dapat meminjam lebih dari satu buku.
  5. Pengembalian
    Menyimpan data transaksi pengembalian buku.
  6. Detail Pengembalian
    Menyimpan data pengembalian buku dan sejumlah denda yang harus dibayar jika pengembalian buku telah melewati batas waktu.
  7. Buku
    Menyimpan data buku terkait judul, tahun buku, jumlah buku, nomor isbn, pengarang, penerbit, dan informasi lokasi buku berada pada rak yang mana.
  8. Pengarang
    Menyimpan data pengarang terkait nama, alamat, dan nomor telepon.
  9. Penerbit
    Menyimpan data penerbit terkait nama, alamat, dan nomor telepon.
  10. Rak
    Menyimpan data rak buku terkait kode rak dan lokasi.

Desain & Struktur Tabel Database Perpustakaan

Berikut ini adalah desain tabel yang saling berelasi antara satu dengan yang lain.


Contoh Database Perpustakaan dengan MySQL
Contoh Database Perpustakaan dengan MySQL

Jika kamu masih bingung dengan relasi dan normalisasi pada database, silakan baca artikel di bawah ini.

3 Macam Relasi Tabel Database (Cara dan Contoh)

Normalisasi Database 1NF, 2NF & 3NF (Cara dan Contoh)


Download Contoh Database Perpustakaan

Untuk memudahkan, kamu dapat mendownload contoh database ini secara gratis dengan mengeklik tombol download di bawah ini.


Kesimpulan

Seperti itulah gambaran database pada sistem perpustakaan yang sederhana dengan penjelasan pada setiap kebutuhan tabelnya. Kamu bisa mengembangkannya menjadi database perpustakaan dinas kepemerintahan atau yang lain agar kemampuanmu tentang membuat database semakin bertambah baik.

Tinggalkan komentar

11 + = 17