Cara Install Git dan Konfigurasi Awal di Windows

Cara install Git di windows memang cukup mudah karena kita tinggal melakukan next > next > finish. Meskipun begitu, agar cmd dapat mengenali Git ada beberapa opsi yang harus kita atur. Seperti apa caranya dan bagaimana konfigurasi Git di Windows agar kita dapat clone, pull dan push repositori dengan mudah? Simak baik-baik cara install Git di Windows di bawah ini agar pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab.

Download Git

Pertama-tama kita harus mendownload file Git untuk windows, silakan kunjungi website resminya di https://git-scm.com/downloads. Kemudian pilih versi 64-bit atau 32-bit sesuai arsitektur komputer kita.

Halaman download Git untuk Windows
Halaman download Git untuk Windows

Menjalankan Installer

Pertama-tama klik 2x file installer Git untuk mulai menjalankan installer.

Contoh lokasi folder setelah mendownload Git

Maka akan muncul informasi lisensi Git, klik Next untuk melanjutkan.

Setujui lisensi Git

Kemudian kamu bisa memilih lokasi instalasi, biarkan default dan klik Next.

Pilih lokasi instalasi Git

Pemilihan komponen akan muncul, biarkan default dan klik Next.

Memilih komponen install Git

Selanjutnya installer akan menawarkan untuk membuat folder pada start menu, klik Next.

Membuat folder Git pada Start Menu Windows

Pilih text editor untuk digunakan dengan Git. Gunakan menu dropdown untuk memilih Visual Studio Code atau pilih text editor yang kamu suka dan klik Next.

Memilih text editor untuk Git

Selanjutnya kamu dapat memilih nama default branch, karena sekarang github mengganti master dengan main, saya memilih opsi kedua “Override the default branch name for new repositories” kemudian klik Next.

Memilih initial branch Git

Langkah berikutnya kamu bisa mengubah PATH environment. Silakan pilih opsi yang tengah (recommended) agar Command prompt, Git Bash, dan Windows Powershell dapat mengenali Git. Lalu klik Next.

PATH environment Git

Server Certificates, Line Endings dan Terminal Emulator

Selanjutnya kamu dapat memilih SSH Client yang akan Git gunakan. Git sudah punya SSH Client sendiri. Jadi kamu tidak perlu mengubahnya, biarkan default dan klik Next.

Memilih SSH Client pada Git

Opsi selanjutnya berkaitan dengan sertifikat server. Kebanyakan orang menggunakan default, jadi langsung saja klik Next. Namun jika kamu bekerja pada environment Active Directory, kamu mungkin perlu mengganti menjadi opsi kedua.

Memilih sertifikat pada Git

Pilihan selanjutnya konversi line endings. Direkomendasikan untuk membiarkan default dan klik Next. Opsi ini terkait cara data diformat dan mengubah opsi ini mungkin dapat menyebabkan masalah.

Converts line endings pada Git

Pilih emulator terminal yang ingin kamu gunakan. Biarkan default karena MinTTY direkomendasikan karena fiturnya, klik Next.

Memilih terminal emulator pada Git

Langkah selanjutnya installer akan menanyakan apa yang harus dilakukan dengan perintah git pull. Saya merekomendasikan opsi default, kecuali kamu secara khusus ingin mengubah perilakunya. Klik Next untuk melanjutkan.

git pull

Selanjutnya kamu harus memilih credential helper. Git menggunakan credential helper untuk mengambil atau menyimpan credential. Biarkan default dan klik Next.

Credential helper pada Git

Opsi Kustomisasi Tambahan

Opsi default direkomendasikan, klik Next untuk melanjutkan.

Git extra option

Selanjutnya Git menawarkan opsi eksperimen buat kamu yang ingin tahu lebih dan berjiwa petualang, namun jika tidak langsung klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Konfigurasi opsi eksperimen pada Git

Proses Instalasi Git Telah Berhasil

Ketika penginstalan telah selesai, kamu bisa menyentang untuk melihat Release Notes atau Launch Git Bash ataupun langsung klik Finish.

Proses instalasi Git telah lengkap

Konfigurasi GitHub Credentials

Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi git lokal instalasi kita dengan username dan email akun Github. Buka command prompt (cmd) dan ketik perintah berikut.

Kemudian periksa konfigurasinya dengan perintah di bawah ini.

Git config list

Jika kamu memiliki akun GitHub, GitLab, BitBucket atau yang lainnya… maka username dan email harus mengikuti akun tersebut agar mudah diintegrasikan.

Cara Menjalankan Git di Windows

Git memiliki dua mode yang dapat kita gunakan, bash scripting shell (command line) dan graphical user interface (GUI).

Menjalankan Git Bash Shell

Untuk menjalankan Git Bash buka Start Menu, ketik git bash dan tekan Enter (atau klik dobel pada icon aplikasi).

Open Git Bash Windows

Menjalankan Git GUI

Untuk menjalankan Git GUI buka Start Menu, ketik git gui dan tekan Enter (atau klik dobel pada icon aplikasi).

Open Git GUI Windows

Clone Repositori GitHub

Kita akan mencoba melakukan clone sebuah repositori di GitHub, klik tombol berwarna hijau dan pilih tab https kemudian salin url yang berakhiran .git tersebut.

Clone GitHub via HTTPS

Setelah berhasil menyalin url git tadi, kemudian buka command prompt dan ketik.

Dengan menjalankan perintah di atas, git akan mengunduh repositori tersebut ke dalam lokal komputer kita.

Git Clone via CMD

Generate SSH Keys dengan Git

Dengan SSH GitHub, kita dapat melakukan push ke repositori tanpa harus login. Berbeda dengan via https kita harus selalu memasukkan username dan password setiap kali melakukan push repositori. Tentu kita akan merasa tidak nyaman, maka dari itu kita akan mencoba membuat SSH Keys dengan Git.

Buka Git GUI, buka menu Help dan pilih Show SSH Key.

Show SSH Key Git GUI

Kemudian klik tombol Generate Key.

Generate Key pada Git GUI

Selanjutnya akan muncul window OpenSSH, kosongkan saja pada kolom “Enter passphrase” dan “Enter passphrase again” kemudian klik OK.

Passphrase Git GUI
Passphrase Git GUI

Setelah itu akan muncul kode seperti berikut ini, silakan copy semua kode yang ada.

Generate Key pada Git GUI

Setelah menyalin semua kode di atas, pergi ke GitHub (https://github.com/settings/keys) dan paste kode tadi pada kolom key. Sedangkan untuk kolom title kosongkan saja. Untuk menyimpan, klik tombol “Add SSH key”.

Add new SSH Key GitHub

Kesimpulan

Akhirnya langkah-langkah cara install Git di Windows sudah berhasil kita lakukan. Kita juga sudah menambahkan Github SSH dengan Git GUI. Dengan begini kita jadi lebih mudah untuk melakukan pull dan push repositori GitHub tanpa harus login.

Tinggalkan komentar

1 + 5 =