3 Macam Relasi Tabel Database (Cara dan Contoh)

Cara relasi tabel database, contoh relasi database, langkah-langkah relasi One to One, One to Many, Many to Many

Relasi Tabel

Relasi One to One, One to Many, dan Many to Many pada sebuah tabel database akan sering kita lakukan disaat merancang sebuah database yang baik. Sebelum lebih lanjut lagi, relasi tabel pada database itu artinya apa sih? Relasi pada tabel merupakan relasi atau hubungan antara tabel yang satu dengan yang lain pada database. Pada sebuah database, relasi dihubungkan dengan dua tabel yang dihubungkan melalui kolom foreign key pada tabel pertama dengan primary key tabel kedua. Masih bingung? coba amati gambar di bawah ini.

 

Primary Key dan Foreign Key

Primary Key dan Foreign Key

Berdasarkan gambar tabel di atas dapat dilihat bahwa setiap mahasiswa dapat memilih satu jurusan. Pada tabel mahasiswa terdapat primary key id_mahasiswa dan foreign key jurusan_id_jurusan yang berelasi ke tabel jurusan. Sedangkan isi dari foreign key jurusan_id_jurusan adalah id_jurusan pada tabel jurusan. Foreign key yang ada pada tabel mahasiswa digunakan untuk menghubungkan tabel mahasiswa dengan tabel jurusan.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang foreign key & primary key:

  • Harus unik
  • Tabel hanya boleh memiliki satu primary key
  • Tabel boleh memiliki lebih dari satu foreign key
  • Foreign key digunakan untuk membuat relasi antar tabel

Ada beberapa jenis relasi database, yang akan dibahas adalah:

  • One to One
  • One to Many
  • Many to Many

Lalu bagaimana cara relasi tabel database yang baik dan benar? baca dengan teliti tiga poin relasi di bawah ini agar kamu benar-benar mengerti.

1. Relasi One to One

Relasi One to One adalah relasi yang mana setiap satu baris data pada tabel pertama hanya berhubungan dengan satu baris pada tabel kedua. Agar tidak bingung, lihat visualisasi garis relasi One to One di bawah ini:

Visualisasi relasi One to One

Visualisasi relasi One to One

Pada gambar di atas maksudnya adalah satu mahasiswa hanya dapat memilih satu jurusan.

 

Contoh tabel relasi One to One.

Relasi tabel One to One

Relasi tabel One to One

Pada tabel mahasiswa terdapat primary key id_mahasiswa dan foreign key jurusan_id_jurusan. Yang mana foreign key itulah yang digunakan sebagai penghubung tabel jurusan.

 

2. Relasi One to Many

Relasi One to Many adalah relasi yang mana setiap satu baris data pada tabel pertama berhubungan dengan lebih dari satu baris pada tabel kedua. Agar tidak bingung, lihat visualisasi garis relasi One to Many di bawah ini:

Visualisasi relasi One to Many

Visualisasi relasi One to Many

Pada gambar di atas maksudnya adalah satu dosen wali dapat menampung lebih dari satu mahasiswa.

 

Contoh tabel relasi One to Many.

Relasi tabel One to Many

Relasi tabel One to Many

Pada tabel mahasiswa terdapat primary key id_mahasiswa dan foreign key dosen_wali_id_dosen_wali. Yang mana foreign key itulah yang digunakan sebagai penghubung tabel dosen_wali.

 

3. Relasi Many to Many

Relasi Many to Many adalah relasi yang mana setiap lebih dari satu baris data dari tabel pertama berhubungan dengan lebih dari satu baris data pada tabel kedua. Artinya, kedua tabel masing-masing dapat mengakses banyak data dari tabel yang direlasikan. Dalam hal ini, relasi Many to Many akan menghasilkan tabel ketiga sebagai perantara tabel kesatu dan tabel kedua sebagai tempat untuk menyimpan foreign key dari masing-masing tabel. Agar tidak bingung, lihat visualisasi garis relasi Many to Many di bawah ini:

Visualisasi relasi Many to Many

Visualisasi relasi Many to Many

Pada gambar di atas maksudnya adalah setiap mahasiswa dapat mengambil banyak mata kuliah dan setiap mata kuliah dapat diambil banyak mahasiswa.

Karena relasi One to Many menghasilkan tabel baru atau tabel ketiga, jika menyertakan record tabel baru tersebut pada grafik akan terlihat seperti di bawah ini. Karena hubungan erat mahasiswa yang belajar mata kuliah adalah nilai dan sekaligus berfungsi sebagai penghubung antara tabel mahasiswa dan mata_kuliah.

Visualisasi relasi Many to Many

Visualisasi relasi Many to Many

 

Contoh tabel relasi Many to Many.

Relasi tabel Many to Many

Relasi tabel Many to Many

Coba perhatikan pada gambar di atas, terdapat tiga tabel yaitu tabel mahasiswa, nilai, dan mata_kuliah. Tabel mahasiswa dan mata_kuliah tersebut masing-masing berelasi Many to Many dan menghasilkan tabel baru yaitu tabel nilai. Sedangkan tabel baru atau tabel nilai tersebut sebagai penghubung antara tabel mahasiswa dan mata_kuliah yang mana tabel baru tersebut terdapat foreign key mahasiswa_id_mahasiswa dan mata_kuliah_id_mata_kuliah yang fungsinya untuk mengakses tabel mahasiswa dan mata_kuliah.

Sebagai informasi saja, untuk membuat tabel-tabel database aplikasi favorit yang saya gunakan adalah MySQL Workbench, kamu dapat mengunduhnya gratis di https://dev.mysql.com/downloads/workbench/.

Kita sudah belajar tentang bagaimana cara membuat relasi tabel pada database. Tutorial ini dapat kamu gunakan untuk belajar dalam membuat database yang lainnya seperti database perpustakaan, toko online, dll.

Related Post "3 Macam Relasi Tabel Database (Cara dan Contoh)"

Tutorial Install Flutter dan Android Studio di Ubuntu (2020)
Cara Install Flutter dan Android Studio -
Cara Mudah Install Composer di Linux (2020)
Tahukah kamu apa itu Composer? sebelum memulai
Cara Install dan Menjalankan XAMPP di Linux (2020)
XAMPP adalah aplikasi gratis yang di dalamnya
Live Username Availability Check dengan PHP dan AJAX
Check Username Availability dengan PHP dan Ajax

Leave a reply "3 Macam Relasi Tabel Database (Cara dan Contoh)"