Post Thumbnail

Berhasil! Cara Mengubah Teks Menjadi Suara Ala Google

Mengubah teks menjadi suara akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan sebagian besar content creator di berbagai konten seperti video TikTok, YouTube, dan semacamnya. Pernahkah kamu berfikir bahwa video-video yang ada di internet memiliki suara yang mirip-mirip bahkan sama persis? yap benar, mereka telah meng-convert teks menjadi suara.


Trik mengubah teks menjadi suara akan sangat berguna buat kamu karena bisa mengubah teks menjadi suara laki-laki dan perempuan baik dengan Bahasa Indonesia atau bahasa asing. Selain itu, kamu juga bisa membuat suara notifikasi WhatsApp memanggil nama kamu, biar nada dering kamu paling beda dengan yang lain.


Sebelum ada teknologi untuk mengubah teks menjadi suara, untuk membuat sebuah video kita harus berbicara pada saat pembuatan narasinya. Dengan begini, kamu tidak perlu lagi merekam suara secara manual. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengetik tulisan. Selanjutnya tulisan tersebut akan diubah menjadi suara melalui sebuah sistem.


Tanpa menggunakan aplikasi, kamu bisa langsung untuk mencoba mengubah text menjadi suara, kemudian kamu bisa memutar atau mendownload hasil ubahan tersebut. Lalu bagaimana tutorialnya? simak langkah-langkah berikut ini.


Menggunakan situs Sound of Text

Mengubah teks ke suara menggunakan website Sound of Text
  1. Silakan kunjungi https://soundoftext.com/ di web browser smartphone, tablet atau laptop kamu.
  2. Scroll ke bawah, kamu akan menemukan kolom kosong yang dapat kamu isi dengan teks yang ingin kamu ubah.
  3. Di bawahnya lagi ada kolom untuk memilih bahasa, misalnya pilih Indonesia, atau kalau mau coba bahasa yang lain silakan.
  4. Tekan tombol Submit untuk memproses tulisan yang kamu ketik tadi. Tunggu loading yang hingga selesai.
  5. Hasilnya berada di bawah dan akan ada dua tombol yaitu Play dan Download. Klik Play jika kamu ingin memutar suaranya terlebih dahulu, atau klik Download untuk menyimpan hasilnya.

Menggunakan situs Free TTS

Mengubah teks ke suara menggunakan website Free TTS
  1. Silakan kunjungi https://freetts.com/ di web browser smartphone, tablet atau laptop kamu.
  2. Scroll ke bawah, kamu akan menemukan kolom yang tertulis “Copy and Paste Your Content Here”. Nah, kolom ini yang dapat kamu isi dengan teks yang ingin kamu ubah.
  3. Pilih bahasa pada kolom Languages dan style suara pada kolom Voice.
  4. Klik tombol “Convert to Mp3”. Tunggu loading hingga selesai.
  5. Hasil sudah siap, kamu bisa memutar suaranya terlebih dahulu, atau klik Download Mp3 untuk menyimpan hasilnya.

Hasil audio buatan dari teks yang sudah kamu download, sekarang kamu bisa mencoba untuk membuat suara nada dering WhatsApp memanggil nama kamu. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengubah Nada Dering Pesan Notifikasi WhatsApp

  1. Buka WhatsApp dan klik ikon tiga titik di menu atas kanan. Langkah-langkah custom ringtone notifikasi WhatsApp - Menu titik-titik

  2. Klik tombol Settings. Langkah-langkah custom ringtone notifikasi WhatsApp - Menu Settings

  3. Klik menu Notifications. Langkah-langkah custom ringtone notifikasi WhatsApp - Menu Notifications

  4. Klik menu Notification tone. Langkah-langkah custom ringtone notifikasi WhatsApp - Menu Notification tone

  5. Pilih file manager di mana kamu menyimpan mp3 yang sudah kamu download tadi. Langkah-langkah custom ringtone notifikasi WhatsApp - Buka mp3 dengan file manager

Kesimpulan

Dengan adanya webiste untuk mengubah teks menjadi audio, akan sangat membantu kita seperti bisa custom nada pesan WhatsApp sesuka hati. Sedangkan content creator tidak perlu lagi merekam suara manual, tinggal mengetikkan teks narasi biarkan sistem yang bekerja.

comments powered by Disqus